Komponen Utama Logam Kuningan

Komponen utama dari logam ini adalah Tembaga sehingga kuningan biasanya diklasifikasikan sebagai paduan tembaga. Kuningan adalah logam yang merupakan campuran dari unsur Tembaga dan Seng.


Warna kuningan bervariasi dari coklat kemerahan gelap hingga ke cahaya kuning keperakan tergantung pada jumlah kadar seng. Seng lebih banyak mempengaruhi warna kuningan tersebut.

Berbagai macam alat semprot pertanian dapat anda temukan ditempat kami, bergabunglah bersama kami dalam pemasaran produksi dalam negri, kami siap mendukung bisnis anda dimanapun berada di Seluruh Indonesia. Salam Perdagangan Nasional.

Catat dan simpan alamat dan nomor kami, agar lebih mudah terhubung jika suatu saat nanti anda membutuhkannya, jadikanlah ini sebagai informasi penting bisnis anda untuk masa depan yang lebih baik. Tanyakan pada kami bila barang yang anda cari tidak ada dalam portal ini.

Pengertian Logam Kuningan

Logam kuningan adalah paduan logam tembaga dan logam seng dengan kadar tembaga antara 60-96% massa. Dalam perdagangan dikenal 3 jenis kuningan, yaitu:

– Kawat kuningan (brass wire) kadar tembaga antara 62-95%

– Pipa kuningan (seamless brass tube) kadar tembaga antara 60-90%

– Plat kuningan (brass sheet) kadar tembaga antara 60-90%

Tembaga dalam kuningan membuat kuningan bersifat antiseptik, melewati efek oligodinamis. Contohnya, gagang pintu yang terbuat dari kuningan dapat mendisinfeksi diri dari banyak bakteri dalam waktu 8 jam. Efek ini penting dalam rumah sakit, dan berguna dalam banyak konteks.

Karakteristik Kuningan

Logam kuningan adalah logam perpaduan dari tembaga dan seng, Komponen utama logam ini adalah tembaga yang memiliki kadar berkisar antara 60-96% massa. Membuat material kuningan besifat antiseptic, bisa melewati efek oligodinamis.

Kandungan seng dalam kuningan berkisar antara 32%-39%. Kadar ini akan meningkatkan kemampuan kerja material kungan di suhu panas, namun akan menurun / terbatas saat berada di lingkungan bersuhu dingin.

Sifat-sifat Logam Kuningan

Sifat logam kuningan memiliki tingkat ketahanan dan kekuatan daripada tembaga, namun tidak sekuat baja atau stainless steel. Logam berwarna cantik ini sangat mudah diaplikasikan ke berbagai bentuk. Juga termasuk ke dalam jenis konduktor panas yang baik.

Karena sifat kuningan tersebut, material kuningan banyak dipakai membuat pipa, tabung, sekrup, radiator, alat music, aplikasi kapal laut dan casing catridge untuk senjata api.

Cara Membedakan Material Tembaga dan Material Kuningan

Bagaimana cara kita membedakan logam itu tembaga atau material kuningan? Berikut cirri-ciri kuningan yang dapat digunakan agar kita lebih mudah mengenali beda antara tembagai dan kuningan:

  • Material kuningan berwarna keemasan, sedangkan tembagai kemerahan.
  • Kuningan agak keras sedangkan tembaga agak lentur.
  • Plat material kuningan akan menimbulkan bunyi nyaring ketika diketuk, sedangkan tembaga tidak.

Baik tembaga maupun material kuningan dikatakan mirip oleh kebanyakan orang karena warnanya yang hampir sama. Maka dari itu, beberapa ciri-ciri kuningan tersebut akan lebih memudahkanmu membedakan keduanya. Mengingat keduanya tidak bisa ditarik magnet.

Sejarah Logam Kuningan

Pengrajin logam kuno di Syria/Turki telah mengetahui cara mencairkan tembaga dengan timah untuk membuat logam perunggu pada awal thn 3000 sebelum masehi, dan tanpa disadari, disamping membuat perunggu, mereka juga telah membuat logam kuningan.

Pengrajin di pesisir laut Mediterania dapat membedakan bijih timah seng dan mulai mencampurkannya dengan tembaga untuk membuat koin.

Komponen utama Logam Kuningan

Komponen utama dari logam ini adalah Tembaga sehingga kuningan biasanya diklasifikasikan sebagai paduan tembaga. Kuningan adalah logam yang merupakan campuran dari unsur Tembaga dan Seng.

Warna kuningan bervariasi dari coklat kemerahan gelap hingga ke cahaya kuning keperakan tergantung pada jumlah kadar seng. Seng lebih banyak mempengaruhi warna kuningan tersebut.

Antara Emas dan Kuningan

Membedakan emas dan kuningan bukanlah perkara yang sulit. Kuningan, melihat dari warnanya, sangat sulit dibedakan dari logam emas murni. Namun untuk membedakan 2 jenis logam ini tidaklah sulit.

Perhiasan imitasi umumnya bukan terbuat dari kuningan. Imitasi rata-rata terbuat dari tembaga yang disepuh oleh lapisan logam emas. Namun ada juga asesoris yang terbuat dari kuningan.

Terima kasih atas kunjungan anda dalam website kami, jadikan ini sebagai informasi bisnis dan perdagangan anda.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *